Selasa, 22 Oktober 2013
PROPOSAL PROGRAM HIBAH BINA DESA
PROPOSAL PROGRAM HIBAH BINA DESA
MENCETAK GENERASI YANG CERDAS DAN SHOLEH MELALUI RUMAH DIGITAL DI DESA MUKA PAYA DUSUN VI KECAMATAN HINAI KABUPATEN LANGKAT
Oleh:
Ketua Pelaksana: Aria Fandaly (5103122005/2010)
Anggota Pelaksana: Budi Sanjaya (5103341002/2010)
Erma Suryani (4101230004/2010)
Rahman Safi’i (5112121005/2011)
Sapnita Idamarna Daulay (4101131028/2010)
UNIT KEGIATAN MAHASISWA ISLAM AR-RAHMAN
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
MEDAN
2013
HALAMAN PENGESAHAN
1. Judul : Mencetak Generasi yang Cerdas dan Sholeh Melalui Rumah Digital di Desa Muka Paya Dusun VI Kecamatan Hinai Kabupaten Langka
2.Tema : Pembangunan Manusia dan Daya Saing Bangsa
melalui Teknologi informasi dan komunikasi
3.Nama Organisasi Pelaksana : Unit Kegiatan Mahasiswa Islam Ar-Rahman
4.Ketua Pelaksana
Nama lengkap : Aria Fandaly
NIM/NIK : 5103122005
Program Studi/Jurusan : Teknik Mesin
Perguruan Tinggi : Universitas Negeri Medan (UNIMED)
No HP : 082369031114
E-mail : Arfan_otom10@yahoo.com
5.Jumlah Anggota Pelaksana : 4 orang
6.Dosen Pendamping
Nama Lengkap, Gelar : Drs. Selamet Riadi, M.T
NIP/NIK : 196510041993031004
No Telepon/HP : 085296719319
7.Nama Lokasi Desa Binaan
Wilayah Mitra (kel/kec) : Desa Muka Paya Dusun 6 Kecamatan Hinai
Kabupaten/Kota : Langkat
Provinsi : Sumatera Utara
Jarak PT ke lokasi Mitra : 64 Km
8. Jangka Waktu Pelaksanaan : 4 bulan
9. Biaya Total : Rp 46.445.000,-
10.Dikti : Rp 46.445.000,-
11.Sumber Lain : -
Menyetujui: Medan, 28 Maret 2013
Pimpinan Organisasi Mahasiswa Ketua Pelaksana Kegiatan,
Peri Eka Putra Nasution Aria Fandaly
NIM. 5012131012 NIM. 5103122005
Judul : Mencetak Generasi yang Cerdas dan Sholeh Melalui Rumah Digital di Desa Muka Paya Dusun VI Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat
Latar Belakang
Indonesia merupakan Negara demokrasi dimana dilandasi oleh Pancasila dan UUD 1945. Pancasila dan UUD 1945 selain sebagai dasar Negara juga dapat dikatakan sebagai cita-cita bangsa Indonesia. Namun pelaksanaan tehadap kedua landasan Negara ini belum secara maksimal kita rasakan. Seperti cita-cita yang terdapat pada pembukaan UUD 1945 yaitu “…mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia…”, yang belum terealisasikan secara merata di Indonesia. Begitu juga dengan butir pertama dari Pancasila yang berbunyi “Ketuhan Yang Maha Esa” menjadi sebuah titik tolak kami dalam membangun karakter generasi Bangsa Indonesia menuju Negara yang mencetak generasi-generasi yang cerdas dan religion.
Ada sebuah kata bijak mengatakan “ilmu tanpa agama buta, dan agama tanpa ilmu adalah lumpuh”. Sama juga artinya bahwa pendidikan kognitif tanpa pendidikan agama adalah buta. Sebaliknya, pengetahuan agama tanpa pengetahuan kognitif, maka akan lumpuh sehingga mudah disetir, dimanfaatkan dan dikendalikan oleh orang lain. Untuk itu, penting artinya untuk tidak mengabaikan pendidikan karakter anak didik melalui pendalaman pendidikan agama. Maka dari itu, pendidikan agama merupakan suatu pendidikan pertama dan paling utama untuk membentuk karakter pemuda.
Pelaksanaan pendidikan nasional harus menjamin pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan di tengah perubahan global agar warga Indonesia menjadi manusia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, cerdas, produktif, dan berdaya saing tinggi dalam pergaulan nasional maupun internasional. Pelaksanaan pembelajaran dalam pendidikan nasional berpusat pada peserta didik agar dapat:
a) belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
b) belajar untuk memahami dan menghayati,
c) belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif,
d) belajar untuk hidup bersama dan berguna bagi orang lain, dan
e) belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.
Untuk menjamin terwujudnya hal tersebut diperlukan adanya sarana dan prasarana yang memadai. Sarana dan prasarana yang memadai tersebut harus memenuhi ketentuan minimum yang ditetapkan dalam standar sarana dan prasarana. Standar sarana dan prasarana ini untuk lingkup pendidikan formal, jenis pendidikan umum, jenjang pendidikan dasar dan menengah yaitu:
1. kriteria minimum sarana yang terdiri dari perabot, peralatan pendidikan, media pendidikan, buku dan sumber belajar lainnya, teknologi informasi dan komunikasi, serta perlengkapan lain yang wajib dimiliki oleh setiap sekolah.
2. kriteria minimum prasarana yang terdiri dari lahan, bangunan, ruang-ruang, dan instalasi daya dan jasa yang wajib dimiliki oleh setiap sekolah.
Kurangnya sarana dan prasarana sekolah masyarakat di Desa Muka Paya Dusun VI dalam hal IPTEK menjadikan sebuah peluang besar untuk membangun sebuah sarana pengembangan pendidikan terkait IPTEK. Desa Muka Paya merupakan salah satu desa yang terdapat di Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat Sumatera Utara yang berpenduduk sekitar enam ribu jiwa dan mayoritas memiliki matapencaharian berkebun dan bertani. Desa ini tergolong desa yang cukup luas, terdiri atas 7 dusun. Namun ternyata desa ini masih terdapat beberapa kelemahan dalam hal sarana dan prasarana pendidikan terutama mengenai IPTEK.
Perkembangan IPTEK terhadap proses pembelajaran adalah diperkayanya sumber belajar dan media pembelajaran. Media komputer dimanfaatkan dalam pembelajaran karena memberikan keuntungan-keuntungan yang tidak dimiliki oleh media pembelajaran. Model pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran menggunakan komputer secara umum dapat diklasifikasikan menjadi empat model, yaitu : 1) tutorial, 2) drill and practice, 3) simulation, dan 4) problem-solving. Dalam model 1 dan 2, komputer berperan sebagai pengajar, sedangkan model 3 dan 4, untuk mengembangkan penggunaan kemampuan memecahkan masalah melalui pendekatan discovery atau exploratory. Beberapa hasil penelitian menyatakan bahwa pembelajaran ini dapat meningkatkan motifasi belajar, media pembelajaran yang efektif, tidak adanya batas ruang dan waktu belajar.
Kondisi yang terjadi di Desa Muka Paya Dusun VI, menjadikan perkembangan dan manfaat IPTEK di tengah perubahan global ini tidak dapat mereka rasakan, akibat dari kurang meratanya perhatian pemerintah mengenai standar sarana dan prasarana pendidikan di Desa tersebut. Kelemahan inilah yang melatarbelakangi adanya program ini, sehingga harapannya melalui program “Mencetak Generasi yang Cerdas dan Sholeh Melalui Rumah Digital di Desa Muka Paya Dusun VI Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat” dapat terwujud.
Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang, rumusan masalah dalam proposal ini adalah sebagai berikut:
1. Apakah manfaat dari teknologi dan informasi komputer sudah dirasakan oleh masyarakat di Desa Muka Paya Dusun VI?
2. Apakah masyarakat di Desa Muka Paya Dusun VI khusunya anak-anak dan remaja telah mampu menggunakan komputer dan internet?
3. Bagaimanakah minat belajar dan membaca Al-Qur’an anak-anak serta remaja di Desa Muka Paya Dusun VI?
Tujuan
Adapun tujuan dari program yang kami usulkan adalah sebagai berikut :
1. Membuka wawasan masyarakat mengenai teknologi komputer dan internet,
2. Menjadikan rumah digital sebagai sarana pengembangan pendidikan umum dan agama,
3. Meningkatkan rasa cinta anak terhadap membaca,
4. Meningkatkan rasa cinta anak dalam mempelajari Al Qur’an,
Indikator Keberhasilan Program
Adapun indikator keberhasilan dari program Rumah Digital ini adalah
1. Tim pengelola dan masyarakat mampu mengelola Rumah Digital,
2. Masyarakat khususnya anak-anak dan remaja di Desa Muka Paya Dusun VI mampu mengoperasikan komputer,
3. Masyarakat khususnya anak-anak dan remaja di Desa Muka Paya Dusun VI memahami cara menggunakan internet,
4. setiap 1 kali dalam 2 minggu tim pengelola melaksanakan kegiatan pelatihan terkait teknologi komputer dan internet,
5. Anak-anak dan reamaja lebih minat belajar dan membaca Al Qur’an.
Luaran yang diharapkan
Dengan dilaksanakannya program ini, diharapkan memiliki hasil/luaran sebagai berikut :
1. Desa Muka Paya Dusun VI dapat memiliki Blog sebagai media informasi seputar Desa Muka Paya Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat
2. Anak-anak dan remaja muslim di Desa Muka Paya Dusun VI mengikuti pelatihan yang telah terpogram oleh tim pengelola Rumah Digital setiap 1 kali dalam 2 minggu
3. Masyarakat di Desa Muka Paya Dusun VI telah merasakan manfaat dari teknologi komputer dan internet
4. Rumah Digital menjadi sarana pengembangan pendidikan IPTEK dan agama bagi masyarakat di Desa Muka Paya Dusun VI,
Manfaat Program
Adapun manfaat program ini adalah sebagai berikut ini :
1. Masyarakat khususnya remaja di Desa Muka Paya Dusun VI lebih mudah untuk mengakses internet,
2. Meningkatkan taraf pemahaman masyarakat khususnya remaja di Desa Muka Paya Dusun VI mengenai IPTEK,
3. Anak-anak lebih tertarik dalam mempelajari ilmu Al Qur’an,
4. Remaja lebih aktif, kreaktif, dan produktif dalam mengelola Rumah Digital,
Gambaran Umum Masyarakat Sasaran
1. Kondisi Geografis Daerah Kecamatan Hinai
a) Batas Administrasi Daerah
Kecamatan Hinai merupakan salah satu Kecamatan yang ada di Kabupaten Langkat, dengan Ibukotanya Kelurahan Kebun Lada. Jarak dari Ibukota Kabupaten Langkat dengan Ibukota Kecamatan Hinai adalah ± 14 Km dengan batas-batas wilayahnya sebagai berikut :
Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Tanjung Pura.
Sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Secanggang
Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Wampu.
Sebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Padang Tualang.
Gambar 1. Peta Kabupaten Langkat
b) Luas Wilayah Kecamatan Hinai
Kecamatan Hinai memiliki luas wilayah 114,28 Km² atau 11.428 Ha dan terdiri dari 12 Desa dan 1 Kelurahan, yang terdiri dari :
Desa Cempa
Desa Tamaran
Desa Batu Melenggang
Desa Muka Paya
Desa Tanjung Mulia
Desa Hinai Kanan
Desa Suka Damai
Kelurahan Kebun Lada
Desa Baru Pasar 8
Desa Paya Rengas
Desa Suka Jadi
Desa Perk. Tanjung Beringin
Desa Suka Damai Timur
Luas dari Kecamatan Hinai dapat dilihat dari table di bawah ini:
Tabel 1. Luas Kecamatan Hinai
No. Kecamatan Luas (Km2) Rasio terhadap Total (%)
1 Bahorok 884,79 14,13
2 Serapit 96,27 1,54
3 Salapian 280,78 4.48
4 Kutambaru 182,02 2,91
5 Sei. Bingei 331,75 5,30
6 Kuala 188,23 3,01
7 Selesai 148,60 2,37
8 Binjai 48,60 0,78
9 Stabat 85,25 1,36
10 Wampu 203,21 3,24
11 Batang Serangan 993,04 15,85
12 Sawit Seberang 264,06 4,22
13 Padang Tualang 281,38 4,49
14 Hinai 112,98 1,80
15 Secanggang 243,78 3,89
16 Tanjung Pura 165.78 2,65
17 Gebang 186,74 2,98
18 Babalan 110,99 1,77
19 Sei. Lepan 440,54 7,03
20 Brandan Barat 71,53 1,14
21 Besitang 557,67 8,90
22 Pangkalan Susu 188,16 3,00
23 Pematang Jaya 197,15 3,15
Jumlah 6263,29 100,00
c) Kondisi Ekonomi
a. Potensi Unggulan Kecamatan Hinai
Secara umum Kecamatan Hinai mempunyai potensi yang cukup baik yaitu di bidang pertanian, perkebunan kelapa sawit (PTP dan perkebunan rakyat) dan industri pengolahan keramik dan lain-lain.
Bidang Pertanian dan Tanaman Pangan yaitu seperti :
Tanaman padi sawah dan luas sawah 2.359 Ha. Rata-rata hasil per hektar (Ha) antara 5 ton sampai dengan 6 ton, sedangkan tanaman lain seperti kacang tanah, kacang kedelai, dan jagung.
Bidang Perkebunan Sawit seperti :
PTP II yang berada di desa Perkebunan Tanjung Beringin ± 3.500 Ha dan untuk perkebunan rakyat menyebar di masing-masing desa/ keluarahan.
Industri Pengolahan seperti pengrajin keramik, batu bata, industri makanan seperti pembuatan emping, kerupuk dari ubi dan lain-lain. Untuk Industri keramik saat ini menjadi andalan di Kecamatan Hinai karena pemasarannya sampai keluar provinsi Sumatera Utara.
Desa Muka Paya Dusun VI Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat provinsi Sumatera Utara berpenduduk 6000 jiwa dan mayoritas memiliki matapencaharian berkebun dan bertani, dan Desa ini terdiri atas 7 dusun.
Kurangnya perhatian dalam hal pembangunan infrastruktur desa, seperti misalnya perbaikan jalan dan sarana maupun prasarana sekolah dirasakan di Dusun VI dan Dusun VII. Dengan kurangnya sarana dan prasarana dalam hal pendidikan, maka akan menyebabakan terjadinya kendala di aspek kependidikan.
Metode Pelaksanaan
1. Identifikasi masalah
Pada tahapan ini, kami melakukan observasi ke lapangan yaitu di Desa Muka Paya Dusun VI Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat guna meninjau tempat yang akan ditargetkan untuk dijalankan program ini.
2. Analisis kebutuhan
Melakukan wawancara dengan kepala desa, tokoh masyarakat, dan remaja di Desa Muka Paya Dusun VI untuk mengetahui kondisi masyarakat di Desa Muka Paya Dusun VI, mulai dari segi jumlah penduduk, matapencaharian mereka, perekonomian, bagaimana minat membaca dan belajar anak-anak sampai dengan remaja, dan pemahaman mereka mengenai teknologi informasi dan komunikasi komputer.
3. Penyusunan program
Setelah menganalisis kebutuhan dari masyarakat di Desa Muka Paya Dusun VI Kecamatan Hinai. Maka kami menemukan suatu masalah, yaitu masyarakat di Desa Muka Paya Dusun VI belum merasakan manfaat dan memahami teknologi komputer dan internet. Maka kami memberikan solusi dengan merancang program Rumah Digital yaitu suatu tempat atau sarana yang dipersembahkan bagi masyarakat di Desa Muka Paya Dusun VI kecamatan Hinai terkhususnya remaja muslim untuk menjadi sarana pembelajaran mengenai teknologi komputer dan internet. Komputer yang dibutuhkan berjumlah 10 unit. Selain itu, komputer yang disediakan akan dimasukkan berbagai software edukatif (mendidik) seperti Al Qur’an Digital, Photoshop, Corel Draw, dan lain-lain. Selain software, komputer akan dilengkapi dengan berbagai e-book dan games yang medidik.
Nuansa yang dihadirkan di dalam Rumah Digital adalah nuansa yang akrab dengan unsur Islamic. Setiap 1 kali dalam 2 minggu akan dilaksanakan berupa pelatihan kepada masyarakat terkhususnya remaja muslim terkait teknologi komputer dan internet.
Setelah menyusun program Rumah Digital, maka tahapan selanjutnya kami melakukan pertemuan dengan Kepala Desa Muka Paya dan masyarakat untuk membicarakan terkait Program Rumah Digital untuk menjalin kerjasama dengan mereka.
4. Pelaksanaan Program
Tahap pelaksanaan ini mencakup beberapa hal, yaitu:
• Persiapan alat dan bahan. Dalam hal ini alat dan bahan penunjang dari Rumah Digital ini adalah 10 unit komputer, 2 buah printer, 10 buah meja, speedy guna menyambungkan komputer dengan jaringan internet, papan tulis dan spidol sebagai media pengajaran, loudspeaker, buku petunjuk sebagai penuntun pembelajaran terkait teknologi informasi komputer dan internet. Adapun software edukatif yang akan diinstall ke komputer adalah Al-Qur’an Digital, Carel Draw, Photoshop, Skypi, dan lain-lain, serta games yang mendidik,
• Pembuatan Rumah Digital. Adapun untuk program ini, tempat untuk Rumah Digital sudah tersediakan yaitu berada di Desa Muka Paya Dusun VI hanya saja perlu dilakukan pendekorasian tempat. Ukuran ruangan yang akan dijadikan Rumah Digital adalah 3,5 x 6 meter. Dalam hal ini, nuansa yang dihadirkan di dalam Rumah Digital adalah nuansa Islamic. Akan ada mading yang isinya berupa artikel–artikel yang bermanfaat, serta dinding Rumah Digital akan dihiasi dengan kaligrafi dan kata-kata motivasi.
• Pembentukan tim pengelola Rumah Digital. Setelah pembuatan Rumah Digital selesai, maka langkah selanjutnya adalah pembentukan tim pengelola Rumah Digital. Tim ini dibentuk oleh penyusun program Rumah Digital. Tim ini bertugas untuk mengelola Rumah Digital, mulai dari penjagaan dan perawatan inventaris Rumah Digital, pensampai kepada persiapan pelaksanaan pelatihan kepada masyarakat. Tim ini terdiri dari Ketua Tim, Sekretaris, Bendahara, Bidang Dakwah, Bidang Kreativitas, Bidang Humas, Bidang Akademik, Bidang Perawatan dan Kebersihan Tempat.
• Melakukan pendidikan dan pelatihan kepada tim pengelola Rumah Digital. Setelah tim pengelola rumah digital dibentuk oleh penyusun program, maka langkah selanjutnya adalah mereka diberikan suatu pembekalan dengan melakukan pendidikan dan pelatihan selama 2 hari.
• Sosialisasi ke masyarakat. Dalam tahapan ini, masyarakat akan dikumpulkan di Balai Desa untuk melakukan sosialiasasi program Rumah Digital dan pelantikan tim pengelola, serta peresmian Rumah Digital.
• Pelatihan ke masyarakat. Adapun dalam tahapan ini, langkah yang dilakukan adalah mengadakan pelatihan kepada masyarakat khususnya remaja muslim mengenai teknologi dan informasi yang dilaksankan oleh tim pengelola dalam waktu 1 kali dalam 2 minggu. Dalam hal ini, tim pengelola hanya sebagai tim pelaksana kegiatan.
Tabel 2. Action Plan Pelatihan ke Masyarakat
Kegiatan Bulan
Juni Juli Agustus September
1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4
Pelatihan teknologi
Adapun pelatihan yang akan dilaksanakan pada tahapan ini adalah:
Tabel 3. Pelatihan yang akan dilaksanakan
No Pelatihan Waktu
1 Pelatihan pemahaman dasar komputer Minggu 1 bulan juli
2 Pelatihan penggunaan Microsoft office Minggu 3 bulan juli
3 Pelatihan corel draw Minggu 1 bulan agustus
4 Pelatihan photoshop Minggu 3 bulan agustus
5 Pelatihan Pemahaman dasar penggunaan internet Minggu 1 bulan September
6 Pelatihan membuat facebook, blog, dan twitter Minggu 3 bulan September
5. Monitoring dan Evaluasi
Tahap monitoring dan evaluasi dilaksanakan untuk mengetahui keberhasilan pelaksanaan program. Monitoring dilakukan setiap 1 kali dalam 2 minggu, yakni bersamaan dengan berjalannya pelatihan kepada masyarakat.
Evaluasi dilakukan secara berkala, yaitu setiap 2 minggu setelah dilaksanakan pelatihan dengan menggunakan instrumen angket. Jika hasil angket 85% bernilai positif maka program ini dikatakan berhasil. Berikut action plan terkait monitoring dan evaluasi:
Tabel 4. Action Plan Monitoring dan Evaluasi
No. Kegiatan Bulan
Juni Juli Agustus September
1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4
1. Pelatihan teknologi
2. Monitoring
3. evaluasi berkala
4. Evaluasi akhir program
6. Lokakarya Hasil
Pada tahapan ini, akan dilakukan lokakarya hasil program yang telah dilakukan kepada masyarakat Desa Muka Paya Dusun VI, sebagai produk keberjalan program.
7. Pembuatan Laporan
Dilakukan pembuatan laporan program mulai dari tahapan program yang berjalan, hasil keberjalanan program, dan angket kepuasan masyarakat terhadap program tersebut, beserta dokumentasi pelaksanaan program.
Jadwal Kegiatan Program
Tabel 5. Jadwal Kegiatan Program Rumah Baca
No. Kegiatan Bulan
Juni Juli Agustus September
1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4
1. Persiapan alat dan bahan
2. Proses pembuatan rumah digital
3. Pembentukan tim pengelola rumah digital
4. Pelatihan tim pengelola rumah digital
5 Sosialisasi rumah digital kepada masyarakat
6. Peresmian rumah digital
7. Pelatihan teknologi
8 Monitoring
9. evaluasi berkala
10. Evaluasi akhir program
Rancangan Biaya
Tabel 6. Rancangan biaya program Rumah Digital,
No. Kegiatan Rincian dana Keterangan
1. Persiapan alat dan bahan 10 unit perangkat komputer,
Program Al-Qur’an digital
Program-program edukasi
Buku-buku elektronik
1 set perlengkapan jaringan internet,
Meja panjang 2 buah,
Meja bundar 1 buah
karpet,
kipas angin 1 buah
pembatas untuk meja bundar 2 buah
loudspeaker 1 buah
jam dinding 1 buah
lemari 1 buah
whiteboard 1 buah
ATK
papan mading 1 buah
triplek,
semen 50 Kg
pasir,
pylox 3 buah
cat dinding 50 Kg
transportasi
Konsumsi (Rp 18.000 x 5 orang) untuk 2 hari Rp 30.000.000,-
Rp 25.000,-
Rp 25.000,-
Rp 25.000,-
Rp 170.000,-
Rp 1.500.000,-
Rp 750.000,-
Rp 1.000.000,-
Rp 500.000,-
Rp 250.000,-
Rp 1.000.000,-
Rp 50.000,-
Rp 800.000,-
Rp 350.000,-
Rp 60.000,-
Rp 150.000,-
Rp 175.000,-
Rp 65.000,-
Rp 500.000,-
Rp 250.000,-
Rp 800.000,-
Rp 550.000,-
Rp 180.000,-
2. Proses pembuatan rumah digital Spanduk 2 buah
Brosur
Baterai Kamera
Transportasi
Konsumsi (Rp 18.000 x 5 orang) untuk 2 hari
Snack Rp 160.000,-
Rp 200.000,-
Rp 25.000,-
Rp 350.000,-
Rp 180.000,-
Rp 50.000,-
3. Pembentukan tim pengelola rumah digital Transportasi
Konsumsi (Rp 18.000 x 5 orang) untuk 2 hari
Snack Rp 350.000,-
Rp 180.000,-
Rp 50.000,-
4. Pelatihan tim pengelola rumah digital Pembuatan buku panduan pengelolaan rumah digital
Sewa Infokus
Baterai Kamera
Transportasi
Konsumsi (Rp 18.000 x 5 orang) untuk 2 hari
Snack Rp 300.000,-
Rp 50.000,-
Rp 25.000,-
Rp 350.000,-
Rp 180.000,-
Rp 50.000,-
5 Sosialisasi rumah digital kepada masyarakat dan Peresmian rumah digital Spanduk 1 buah
Sewa Infokus
Transportasi
Baterai Kamera
Konsumsi (Rp 18.000 x 5 orang) untuk 2 hari
Snack Rp 160.000,-
Rp 50.000,-
Rp 350.000,-
Rp 50.000,-
Rp 180.000,-
Rp 50.000,-
6. Pelaksanaan program rumah digital Tagihan internet untuk 5 bulan
Tagihan listrik untuk 5 bulan
Baterai Kamera Rp 1.250.000,-
Rp 1.500.000,-
Rp 25.000,-
7. Pelatihan teknologi Sewa Infokus
Transportasi
Baterai Kamera
Konsumsi (Rp 18.000 x 5 orang) untuk 2 hari
Snack
Modul Rp 50.000,-
Rp 350.000,-
Rp 25.000,-
Rp 180.000,-
Rp 50.000,-
Rp 100.000,-
8. Monitoring dan evaluasi berkala Instrumen evaluasi Rp 300.000,-
9. Evaluasi akhir program Laopran Akhir Rp 250.000,-
Total Rp 46.445.000,-
LAMPIRAN 1
Biodata Pelaksana
Biodata Ketua Pelaksana
Nama : Aria Fandaly
Fakultas/jurusan/universitas : FT/Teknik Mesin/Universitas Negeri Medan
Tempat tanggal lahir : Simalungun, 14 April 1992
Alamat : Jalan Sukaria No 74 Medam
No HP : 082369031114
E-mail : Arfan_otom10@yahoo.com
Riwayat Pendidikan :
No. Pendidikan Nama Sekolah dan Tempat Tahun Lulus
1. SD SDN 097319 Siopat Suhu 2004
2. SMP SMPN 1 P. Siantar 2004
3. SMA SMAN 2 P. Siantar 2010
4 PT Universitas Negeri Medan
Pengalaman Organisasi:
No. Organisasi Jabatan/amanah Tahun
1. Pramuka SMPN 1 Pimpinan regu gudep 02047 2006-2007
2. AISI (Association Independent of Study Ilmiah) SMAN 2 Staff 2008-2009
3. UKMI Ar-Rahman Sekretaris FT 2011-2012
3 UKMI Ar-Rahman Staff Dept. Akademik dan Profesi 2012-2013
Penelitian yang pernah dibuat:
1. Bakso Jamur Teratai Makanan Sehat dan Bergizi (PKM-M 2011)
2. S-What, Pemanfaatan Panas Air Belerang guna Merealisasikan Program Penghematan Energi (PKM-GT 2013)
Medan, 28 Maret 2013
Ketua Pelaksana,
Aria Fandaly
NIM. 5103122005
Biodata Anggota Pelaksana 1
Nama : Budi Sanjaya Saragih
Fakultas/jurusan/universitas : FT/Pend. Kesejahteraan Keluarga/Unimed
Tempat tanggal lahir : P. Siantar, 7 Januari 1991
Alamat : Jalan Perjuangan Gg Suka Damai No 13 Medan
No HP : 085262748114
E-mail : budi_sanjaya87@yahoo.co.id
Riwayat Pendidikan :
No. Pendidikan Nama Sekolah dan Tempat Tahun Lulus
1. SD SDN 0955556 Kabupaten Simalungun 2003
2. SMP MTsN P. Siantar 2006
3. SMA MAN 1 P.Siantar 2009
4 PT Universitas Negeri Medan
Pengalaman Organisasi:
No. Organisasi Jabatan/amanah Tahun
1. Osis MAN 1 P. Siantar Kabid Keagamaan 2008
2. Paskibra MAN 1 P. Siantar Anggota 2008
3. UKMI Ar-Rahman Koordinator SPK FT 2012
4. HMJ PKK Ketua Umum 2012
5. SEMAF Kabid pendidikan 2012
6. SEMA Anggota bidang Internal 2013
Penelitian yang pernah dibuat:
1. Melestarikan Gorga Batak melalui Seni Lukis Kain
2. Pentingnya Melestarikan Kebudayaan
Medan, 28 Maret 2013
Anggota 1,
Budi Sanjaya Saragih
NIM. 5103341002
Biodata Anggota Pelaksana 2
Nama : Erma Suryani
Fakultas/jurusan/universitas : FMIPA/Matematika Nondik/Unimed
Tempat tanggal lahir : Sawang, 16 April 1992
Alamat : Jalan Prof. H. M. Yamin Gg Manggis No 2A Medan
No HP : 085260867853
E-mail : tim35_erma@yahoo.com
Riwayat Pendidikan :
No. Pendidikan Nama Sekolah dan Tempat Tahun Lulus
1. SD SDN 1 Kutabuloh Meukek Aceh Selatan 2004
2. SMP SMPN 1 Meukek Aceh Selatan 2007
3. SMA SMAN Unggul Kabupaten Aceh Selatan 2010
4 PT Universitas Negeri Medan
Pengalaman Organisasi:
No. Organisasi Jabatan/amanah Tahun
1. UMMAT Bendahara Umum 2011
2. UMMAT Sekretaris Umum 2012
3 UKMI Ar-Rahman Staff Keputrian 2011
4 UKMI Ar-Rahman Sekretaris Humas 2012
Penelitian yang pernah dibuat:
1. Manisan Buah Pala
2. Keakuratan Metode Iterasi Variasi untuk Menyelesaikan Masalah Defleksi Balok Kantilever dengan Beban Terdistribusi secara Seragam
Medan, 28 Maret 2013
Anggota 2,
Erma Suryani
NIM. 4101230004
Biodata Anggota Pelaksana 3
Nama : Rahman Safi’i
Fakultas/jurusan/universitas : FT/ Teknik Mesin/Unimed
Tempat tanggal lahir : Desa Muka Paya, 7 Mei 1993
Alamat : Tegal, Desa Muka Paya Dusun VI Kec. Hinai
No HP : 085761334999
E-mail : Rahman.safii@ymail.com
Riwayat Pendidikan :
No. Pendidikan Nama Sekolah dan Tempat Tahun Lulus
1. SD 056620 Desa Muka Paya 2005
2. SMP MTs Swasta Jama’iah Muhammadiyah 2008
3. SMA SMK Swasta Putra Jaya Stabat 2011
4 PT Universitas Negeri Medan
Pengalaman Organisasi:
No. Organisasi Jabatan/amanah Tahun
1. UKMI Ar-Rahman Kordinator FT 2012
2.
Penelitian yang pernah dibuat:
Medan, 28 Maret 2013
Anggota 3,
Rahman Safi’i
NIM. 5112121005
Biodata Anggota Pelaksana 4
Nama : Sapnita Idamarna Daulay
Fakultas/jurusan/universitas : FMIPA/Pendidikan Kimia/Unimed
Tempat tanggal lahir : Medan, 15 Oktober 1991
Alamat : Jl. Pendidikan No 149 Medan, kelurahan Indra Kasih, Kecamatan Medan Tembung,
No HP : 085206457182
E-mail : marwah_nita@yahoo.com
Riwayat Pendidikan :
No. Pendidikan Nama Sekolah dan Tempat Tahun Lulus
1. SD SDN 064977 Medan 2004
2. SMP SMP Swasta Pahlawan Nasional Medan 2007
3. SMA Madrasah Aliyah Laboratorium Medan 2010
4 PT Universitas Negeri Medan
Pengalaman Organisasi:
No. Organisasi Jabatan/amanah Tahun
1. Forsimka Staff Bidang Dakwah 2011-2013
2. UKMI Ar-Rahman Bendahara Departemen Rekrutman dan Pembinaan Kader 2011-2012
3. UKMI Ar-Rahman Staff Departemen Rekrutmen dan Pembinaan Kader 2012-2013
Penelitian yang pernah dibuat:
1. Implementasi Pengolahan ACB (Air Cucian Beras ) sebagai Alternatif Pembersih Wajah Alami dan Ekonomis (PKM-GT 2012)
2. Pelatihan Masyarakat Desa Kuala Tanjung Kecamatan Sei Suka Kabupaten Batu Bara dalam Mengolah Limbah Kulit Kakao sebagai Makanan Ringan Berbasis Cookies (PKM-M 2012)
3. Gerobak Dakwah (PMW 2012)
4. Pendayagunaan Kulit Pisang Kepok sebagai Teknologi Filter Penjernihan Sederhana Terhadap Air (Hibah MITI 2013)
Medan, 28 Maret 2013
Anggota 4,
Sapnita Idamarna Daulay
NIM. 4101131028
Biodata Dosen Pembimbing
Nama : Drs. Selamet Riadi, M.T
Fakultas/Program Studi : FT/Pendidikan Teknik Mesin
Perguruan Tinggi : Universitas Negeri Medan
Bidang Keahlian : Teknik Mesin
Tempat tanggal lahir : Medan, 4 Oktober 1965
Alamat : Jalan Binjai Km 10 Gg Damai No 12 Paya Geli Sunggal
No HP : 085296719319
E-mail : selametriadi.unimed@gmail.com
Riwayat Pendidikan :
No. Pendidikan Nama Sekolah dan Tempat Tahun Lulus
1. SD SDN 101731 Kampung lalang 1979
2. SMP SMPN 1 Sunggal 1982
3. SMA SMAN 3 Medan 1985
4 PT IKIP Padang 1992
5 Pasca USU 2013
Medan, 28 Maret 2013
Dosen Pendamping,
Drs. Selamet Riadi, M.T
NIP.196510041993031004
LAMPIRAN II
Gambaran Teknologi yang digunakan
Gambar 2. Desain eksterior Rumah Digital
Gambar 3. Desain interior Rumah Digita
LAMPIRAN IV
Denah Lokasi Sasaran
Gambar 4. Denah lokasi Desa Muka Paya
LAMPIRAN V
Observasi Lapangan
Gambar 5. Gambar mushala yang akan dijadikan Rumah digital
Gambar 6. Tampak depan mushala
Gambar 7.Tampak Kiri Mushala
Gambar 8. Lokasi pembuatan Rumah Digital (teras kanan mushala)
Gambar 8. Teras Kiri mushala. Tempat remaja melakukan agenda pengajian
Gambar 9. Mading UKRIN Yaqin. Berisi kegiatan-kegiatan remaja dimana salah satu kegiatannya bekerja sama dengan UKMI Ar-Rahman Unimed.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Selamat malam mas.,,,
BalasHapusapakah saya boleh minta contoh proposal diatas dalam bentu softcopy (doc). kalau diperkenankan ini alamat email saya mas( arifstudent12@gmail.com )
thanks mas
BalasHapusmas boleh mintak proposal dalam bentuk soft copy mas, saya pengen ngajukan proposal dengan teman saya kalo boleh minta proposal mas dlm bentuk soft copy untuk contoh mas ini email saya mas (izzulhaqqi8@gmail.com)
BalasHapusselamat pagi mas, saya ingin juga mengajukan proposal PHBD untuk desa saya sendiri. APa saya boleh minta softcopy file ini untuk dijadikan bandingan proposal saya nanti. ini email saya (irawanpurwa96@gmail.com)
BalasHapusassalamulaikum apakah sy jg bisa minta proposal PHBD nya untuk di jadikan bandingan proposal sya ini Gmail sya : nurulisra sm@gmail.com
BalasHapusassalamualaikum. maaf ni bisa saya minta softny. saya ingin mmbuat proposal bina desa tntang pndidikan pada anak jalanan dn kampung kumuh ni emailny. arief05des@gmail.com
BalasHapusmaaf sbelumnya .. saya boleh tau cara pengisian formulir pendaftaran phbd bagian latitude dan longitude nya ? mohon informasinya secepatnya .. terimakasih
BalasHapusmas boleh mintak proposal dalam bentuk soft copy mas, saya pengen ngajukan proposal dengan teman saya kalo boleh minta proposal mas dlm bentuk soft copy untuk contoh mas ini email saya mas legitostt@gmail.com
BalasHapusmas boleh mintak proposal dalam bentuk soft copy mas, saya pengen ngajukan proposal dengan teman saya kalo boleh minta proposal mas dlm bentuk soft copy untuk contoh mas ini email saya mas legitostt@gmail.com
BalasHapusMaaf mas saya boleh minta bantuannya. Saya minta proposal dalam bentuk soft copynya untuk dijadikan pembanding dan pedoman juga. Ini email saya azmipermatasari@gmail.com sebelumnya terimakasih
BalasHapusMaaf mas saya boleh minta bantuannya. Saya minta proposal dalam bentuk soft copynya untuk dijadikan pembanding dan pedoman juga. Ini email saya azmipermatasari@gmail.com sebelumnya terimakasih
BalasHapusmaaf mas saya boleh minta soft copy proposalnya dalam bentuk softcopynya untuk dijadikan pedoman, sekiranya boleh ini email saya syaifulprayogi@gmail.com sebelumnya saya ucapkan terimakasih.
BalasHapusMas saya juga boleh minta softcopy proposal phbd diatas? Untuk saya gunakan sbg pedoman. Jika boleh ini email saya misitandi95@gmail.com
BalasHapusMas saya juga boleh minta softcopy proposal phbd diatas? Untuk saya gunakan sbg pedoman. Jika boleh ini email saya misitandi95@gmail.com
BalasHapussaya mau juga softcopy proposalnya untuk sebagai referensi PHBD 2017 ini, terimakasih, mhn dikirimkan k email saya: mardiati2208@gmail.com
BalasHapusBoleh minta softcopy proposalnya? untuk referensi PHBD :) please dkirim yah^^ @nuryasarah24@gmail.com
BalasHapusapa boleh minta softfile proposal di atas, saya ingin menlihat contoh metode dan lampirannya,kirim via email ya njumratul@gmail.com atau alvinalik@gmail.com.. sukses terus yaa
BalasHapus